Jumat, 30 Maret 2012

ILMU BUDAYA DASAR

   IBD adalah ilmu yang mempelajari masalah-masalah tentang manusia dan kebudayaannya. Tujuan dari mempelajari "Ilmu Budaya Dasar" untuk memberi pengetahuan dasar dan pengetahuan umum agar manusia dapat berbudaya dengan baik dan benar. Dan mengapa "Ilmu Budaya Dasar" dijadikan sebagai salah satu mata kuliah? jawabannya adalah agar mahasiswa-mahasiswi mempunyai pemikiran dan pandangan luas tentang budaya yang ada pada dunia ini baik menyangkut orang lain maupun lingkungannya atau yang menyangkut dengan diri sendiri.

   Hal-hal yang diharapkan akan tercapai dalam pembelajaran "Ilmu Budaya Dasar" adalah pertama, dapat meningkatkan tingkat beradaptasi seseorang dengan lingkungannya, contohnya adalah dengan lingkungan kerja baru, lingkungan kelas baru. Kedua, luasnya pandangan atau wawasan seseorang tentang masalah kemanusisan dan budaya sekaligus mengembangkan daya kritis seseorang. Ketiga, mempersiapkan seseorang untuk menjadi seseorang sebagai pemimpin bangsa dan negara yang baik. Keempat, yang terakhir adalah mengasah tehnik berkomunikasi mereka dengan lingkungannya agar mampu berdialog dengan orang-orang disekitarnya.

   Latarbelakang adanya mata kuliah dalam konteks budaya, negara dan bangsa indonesia. Dalam hal ini indonesia sebagai negara yang memiliki banyak suku bangsa yang lekat dengan adat-istiadat, tata krama dan keseharian yang berbeda-beda. Oleh karena itu, maka mata kuliah ini sebenernya begitu penting agar kita dapat menghargai satu sama lain yang berbeda. Selain itu, ada juga pergeseran-pergeseran budaya yang menyebabkan perbedaan yang mendasar antara manusia yang lalu dengan yang sekarang menyebabkan kita banyak mengalami kesalahan jika ditilik dari kebudayaan masa lalu. 

   





Tidak ada komentar:

Posting Komentar