Sabtu, 07 April 2012

Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan



Ilmu Budaya Dasar sebelumnya adalah “Basic Humanities”, diambil dari bahasa latin “Humanus” yang artinya manusiawi, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari ini tujuannya adalah manusia akan lebih mempunyai rasa manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus ( beretika ). Dengan adanya mata kuliah IBD adalah salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya.

Dalam perkembangan jaman, seni adalah salah satu aspek yang memegang peranan penting dalam berbudaya termasuk sastra. Nilai – nilai kemanusiaan adalah suatu seni. Dibanding dengan aspek lain seperti ilmu bahasa, seni lebih memegang peranan. Seni adalah ekpresi yang sifatnya tidak normatif yag artinya seni lebih mudah berkomunikasi dan nilai-nilai yang disampaikan lebih fleksibel dan efektif.

Karena seni memegang peranan penting, maka seniman sebagai pencipta karya seni juga penting, seniman sebagai media penyampai nilai-nilai kemanusiaan. Kepekaannya menyebabkan dia mampu menangkap hal yang lepas dari pengamatan orang lain. Seniman juga memiliki jiwa yang sangat peduli terhadap hal kecil.

Sastra, sastra merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta yang berarti “teks yang mengandung instruksi” atau “pedoman”, sedangkan Kesusastraan adalah sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. Dalam kesusastraan, sastra dibagi menjadi sastra tulis dan sastra lisan. Sastra menjadi peranan penting dalam perkembangan jaman karena sastra mempergunakan bahasa. Sementara itu bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampir semua pernyataan kegiatan manusia. Bahasa dipergunakan manusia untuk usaha memahami dirinya sendiri yang kemudian muncul “Filsafat”. Manusia dan Bahasa pada hakekatnya adalah satu. Kenyataan inilah mempermudah sastra untuk berkomunikasi. Sastra juga didukung oleh cerita, dengan cerita manusia lebih mudah tertarik dan lebih mudah mengemukakan gagasannya dalam bentuk yang tidak normatif.











Sumber : id.wikipedia.org
              elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar